Sejarah Singkat Game Online

Rekomendasikan Artikel Artikel Komentar Cetak ArtikelBagikan artikel ini di FacebookBagikan artikel ini di TwitterBagikan artikel ini di LinkedinBagikan artikel ini di RedditBagikan artikel ini di Pinterest
Permainan elektronik telah berkembang secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Seiring bandwidth data, daya pemrosesan dan resolusi layar terus meningkat; pengembang terus berpacu untuk memberikan pengalaman hiburan Internet yang lebih realistis dan mendalam. Sulit membayangkan dunia tanpa kekayaan game online yang diharapkan oleh para peselancar web saat ini, tetapi sejarah game online kembali jauh sebelum adopsi arus utama Internet.

Game pertama yang dimainkan melalui jaringan komputer dikembangkan pada awal 1970-an. Ini dibangun di atas terminal timeshare multi-pengguna di universitas. Bagian akhir dekade itu melihat kedatangan ruang bawah tanah multi-pengguna (MUD,) yang kemudian berkembang menjadi ruang bawah tanah multi-akses (MAD) dan permainan peran online multipemain besar-besaran (MMORPG.)

Pada tahun 1985, game Islands of Kesmai dirilis untuk pengguna jaringan komputer komersial CompuServe. Dengan grafik yang terdiri dari karakter teks ASCII, RPG multi-pemain ini memiliki sedikit kemiripan dengan game masa kini; tetapi dalam banyak hal, itu adalah pendahulu dari MMORPG modern. Pertempuran bermain peran fantasi dari game ini adalah salah satu nenek moyang paling awal dari game pertempuran online saat ini.

Kemudian pada 1980-an, game pertama dikembangkan yang menggunakan Internet Protocol (IP) untuk berkomunikasi. Pada tahun 1991, game Neverwinter Nights dirilis untuk pelanggan AOL. Ini secara luas dipuji sebagai MMORPG grafis 3D pertama. Ketika happy mod Internet semakin populer di kalangan masyarakat umum, tahun 1990-an melihat ledakan permainan peran, penembak, strategi, dan game pertarungan online dengan kemampuan multipemain. Beberapa yang paling terkenal adalah Doom, Warcraft dan Quake.

Pada tahun 2000, sebagian besar paket perangkat lunak game komersial menampilkan kemampuan untuk bermain online melawan pemain lain. Meskipun banyak dari game online paling populer dirancang untuk aksi multipemain, pengembang dengan cepat memanfaatkan teknologi Internet seperti Flash dan JavaScript untuk membuat game pemain tunggal juga.

Tahun 2002 melihat peluncuran jaringan game seperti Xbox Live dan Steam. Ketika jejaring sosial semakin populer sepanjang dekade, perusahaan seperti Zynga ikut-ikutan membuat game kasual yang dapat dimainkan pengguna melawan teman-teman mereka. Saat ini, pilihan untuk game online berkisar dari paket perangkat lunak komersial, hingga game jejaring sosial, hingga game berbasis browser dan bahkan aplikasi seluler.

Gamer tidak perlu lagi berlangganan layanan online mahal atau membeli paket perangkat lunak komersial untuk bermain online. Bagi mereka yang menginginkan pengalaman bermain game yang nyaman dan menyenangkan, ada banyak situs yang menawarkan game pertarungan online dan berbagai tantangan lain yang dapat dimainkan sekarang, langsung di browser web Anda.